Belajar untuk belajar
Langkah-langkah
belajar efektif adalah mengetahui
- diri sendiri
- kemampuan belajar anda
- proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan
- minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan
Anda
mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau
sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.
Empat
langkah untuk belajar.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
Mulai
dengan masa lalu
|
Apakah
pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda
Apa
kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?
Bagaimana
anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui
ujian tertulis, naskah, atau wawancara?
|
Teruskanke
masa sekarang
|
Berminatkah
anda?
Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar? Apa yang bersaing dengan perhatian saya?
Apakah
keadaannya benar untuk meraih sukses?
Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya? Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?
Apa
yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?
Apakah
saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar
anda?
|
Pertimbangkan
proses,
persoalan
utama
|
Apa
judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok? Apakah saya mengerti?
Apakah
yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?
Sumber-sumber
dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)? Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?
Sewaktu
saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat? Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?
Apakah
saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis? Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
Apakah
saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut? Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan? |
Buat
review |
Apakah
kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik? Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
Apakah
saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
Apakah
anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda? |
Halaman
ini digambarkan dari "metacognition", istilah yang diciptakan oleh
Flavell (1976), dan disampaikan oleh banyak orang. Sumber-sumber tambahan telah
dikembangkan oleh SNOW (Special Needs Opportunity Windows), suatu project yang
menargetkan pada pendidik-pendidik bantuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar